Chapter I : Pengantar Keamanan Informasi

  • Minggu, Juli 05, 2020
  • By Yahya Muhaimin
  • 4 Comments


Halo, Assalamu’alaikum,..
Kenalin dulu, biar kayak blogger” yang lain,. nama saya Budi,. Wkwk bukan dong,.
Nama saya Yahya, Saya kebetulan menjadi Mahasiswa Sistem Informasi, yang mempelajari tentang Sistem Informasi,. Dan, yap, cukup sampai sini aja perkenalannya,. Sebab sudah pernah saya tulis sebelumnya disini,.
.
Kalo gak disuruh nge-blog sama Dosen, sebenernya blog ini bakalan kosong sejak pertama kali blog ini dibuat yakni setahun silam,.
Makanya, lumayan juga bisa ngisi-ngisi blog,.. dan jadi rajin nulis. (: sebab, dulu pernh kepikiran pengen jadi penulis.
.
Jadi, pada tulisan kali ini dan 13 tulisan setelahnya -karena ini makul 2 sks- akan membahas materi dari makul Keamanan Informasi. btw, makul apa matkul y,.??
FYI, sebenernya disuruh ngrangkum/review kedalam blog itu tugas yang wajib ditulis setiap selesai pertemuan. Artinya, satu pertemuan selesai, satu blog dimuat. Tapi karena satu kelas/angkatan kompak tidak pernah memuat kedalam blog, akhirnya dijadikan sebagai bagian dari UAS.
Jadi, selamat UAS… uhuuyy
.
Untuk tulisan pertama, biasanya perkenalan,..
“kenalin, nama saya Yahya,.” Bukan dong, maksudnya perkenalan Makulnya,..
Busseett,.. mukadimahnya kepanjangan,.. ngabisin satu halaman -A4 margin normal- sendiri,.. (:
okeh, langsung saja masuk ke materi.
Untuk memudahkan dalam membaca dan memahami materinya, saya akan mengklasifikasi menjadi beberapa sub
.

Data dan Informasi

Data dan Informasi erat kaitannya dengan kehidupan kita sehari-hari,. Sebelum kita mengambil keputusan dari setiap Tindakan, kita dihadapkan dengan data (fakta) yang kita konsumsi menjadi sebuah informasi. nah,.. dari informasi tersebut akan bertransformasi menjadi sebuah pengetahuan(knowledge), yang nantinya bisa menjadi acuan dari setiap keputusan yang kita ambil.
Sebagai contoh; hari Ahad (Data). Hari Ahad adalah akhir pekan, sekolah dan kantor libur (Informasi). kalau misalkan hari Ahad sekolah dan Kantor libur, bisa dimanfaatkan untuk berlibur dari rutinitas (Knowledge). Jadi, bisa diputuskan kalau hari Ahad dapat digunakan untuk liburan (Keputusan). 
Itu contoh secara universalnya.
.

Perkembangan Teknologi

Laju perkembangan teknologi sangatlah cepat dari tahun ketahun, perkembangan ini mencakup hampir seluruh sektor kehidupan Manusia. Seiring perkembangannya, teknologi mengalami perluasan makna, menjadi sebuah benda yang tidak berwujud seperti software, metode pembelajaran, metode bisnis dan lainnya. Dampak dari perkembangan teknologi tentunya memunculkan dua mata sisi yakni Positif dan Negatif.
.

Keamanan Informasi

Dalam sebuah manajemen sistem informasi, masalah keamanan merupakan aspek yang sangat penting. Namun, seringkali masalah ini kurang mendapat perhatian dari pengelola sistem informasi itu sendiri. Ujung-ujungnya bakal berimbas pada terganggunya kinerja dari sistem itu sendiri. Sebab sistem informasi sangatlah rentan terhadap gangguan keamanan.
Pertama, sistem yang dibuat bersifat open source sebagai contoh, internet ataupun cyberspace. Cyberspace sendiri juga bisa dikatakan “ruang public” yang banyak penggunanya dan bahkan bisa juga digunakan untuk media komunikasi melalui jaringan komputer. Karena alasan itulah, ancaman siber sangatlah erat hubungannya dengan hal ini.

Ancaman Siber dapat dikelompokan menjadi beberapa bentuk, antara lain :

  • Cyber Espionage
  • Cyber Warfare
  • Cyber Crime
  • Cyber Terorism
Ada beberapa kepentingan dari serangan siber. Beragam serangan siber ini pun pasti memiliki dampaknya, yakni kerugian materiil dan finansial, juga kerugian sosial (hilangnya kepercayaan).
Adapun tujuannya yakni :
  • Uang/Materi
  • Kekuasaan
  • Pengendalian
  • Pencitraan
  • Dendam
  • Crackers/Belajar
  • Perlindungan/Uji Coba
  • atau, Cuma hanya iseng

sumber serangannya pun beragam, namun yang paling rentan yakni cyberspace (ruang public siber). Untuk itulah Keamanan Informasi berperan disini, Merujuk ISO:IEC 27000 Information technology — Security techniques — Information security management systems — Overview and vocabulary, Keamanan informasi adalah upaya yang dilakukan untuk menjaga kerahasiaan (confidentiality), integritas (integrity) dan ketersediaan (availability) dari informasi, hal ini dapat termasuk otentikasi (authenticity), akuntabilitas (accountability), nir-sangkal (non-repudiation) dan keandalan (reliability).
.

Tujuan Keamanan Informasi

Keamanan Informasi yang dimaksud yakni untuk mencapai 3 sasaran utama : 
  • Kerahasiaan : Melindungi data dari orang-orang yang tidak berhak untuk menyingkapinya.
  • Ketersediaan : Meyakinkan bahwa Data dan Informasi hanya dapat digunakan oleh orang-orang yang berhak. 
  • Integritas : Sistem Informasi perlu menyediakan representasi yang akurat.
.
Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan Cybersecurity adalah bagian dari Keamanan Informasi. Cybersecurity berhubungan dengan ancaman yang datang dari Internet secara global. Sedangkan, Keamanan Informasi berhubungan dengan semua bentuk dari proteksi terhadap Informasi.
.
Selamat, anda adalah orang terpilih yang berhasil membaca sampai sini,..
Dan,.... Terimakasih sudah membaca,.. 
tunggu tulisan-tulisan saya selanjutnya,..

You Might Also Like

4 komentar

  1. Terima kasih atas rangkuman materinya,sangat bermanfaat buat olah raga jempol kanan saya,karena hanya meng scroll mulai dari atas sampe bawah.....wkwkwkwkwk



    "overall a good summary and very helpful"

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank u sebelumnya, karena udah mampir,.
      tapi, BTW, scrollnya pake jempol,.? bukan pake telunjuk,.? :/

      Hapus