Review Jurnal SI bidang Pendidikan

  • Selasa, Maret 31, 2020
  • By Yahya Muhaimin
  • 0 Comments


REVIEW JURNAL

Judul
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM BIDANG PENDIDIKAN (E-education)
Jurnal
MIKROTIK
Volume dan Halaman
Tahun
Mei 2014
Penulis
M. Husaini
Reviewer
Yahya Mukhaemin
Tanggal
31 Maret 2020
Tujuan Penelitian
Untuk mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan dunia pendidikan dapat dilakukan dengan cara pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan. Dengan adanya pemanfaatan teknologi informasi bagi dunia pendidikan, maka dapat menghasilkan sumber daya manusia berkualitas dengan melakukan perbaikan kondisi pendidikan.
Objek Penelitian
Objek penelitian ini adalah Aplikasi bidang teknologi komputer dan teknologi informatika yang paling berpengaruh pada bidang pendidikan yaitu pemakaian jaringan komputer dan internet
Metode Penelitian
Tidak ada metode penelitian yang dijelaskan secara mendetail pada jurnal ini. Hanya ada pembahasan dan langsung hasil.
Hasil Pembahasan
Hasil pembahasan yang dapat diperoleh yakni :
1.   Pemanfaatan teknologi informasi dalam bidang pendidikan mempunyai arti penting terutama dalam upaya pemerataan kesempatan pendidikan, peningkatan kualitas pendidikan.
2.  Untuk pengembangan teknologi informasi di lembaga pendidikan, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, antara lain yaitu: (a) merancang dan membuat aplikasi database; (b) merancang dan membuat aplikasi pembelajaran berbasis portal, web, multimedia interaktif, yang terdiri atas aplikasi tutorial dan learning tool; (c) mengoptimalkan pemanfaatan TV edukasi sebagai materi pengayaan dalam rangka menunjang peningkatan mutu pendidikan; dan (d) mengimplementasikan sistem secara bertahap.
3.   Pemanfaatan teknologi informasi untuk proses pendidikan antara lain meliputi; managemen sistem informasi (SIM), elearning, media pembelajaran, dan pendidikan life skill.
Kelebihan Penelitian
Kelebihan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan analisa data dan fakta akan kondisi yang terjadi dilapangan. Khususnya Pendidikan yang ada di Indonesia
Kekurangan Penelitian
Kekurangan penelitian ini tidak adanya metode penelitian dimana struktur jurnal ini yaitu Pendahuluan, pengertian Teknologi Informasi, Hasil dan pembahasan serta Kesimpulan.


You Might Also Like

0 komentar