Chapter VI : Firewall dan Internet Security

  • Sabtu, Juli 11, 2020
  • By Yahya Muhaimin
  • 0 Comments


Pernah gak sih kalian ketika ber-internet-an ria, masuk ke laman web atau download film/software di situs bajakan -kayak saya wkwk- ,.. terkadang ada notifikasi ijinkan atau blok,.?? Nah,.. itulah Firewall,..
Sebenarnya, ada kemungkinan kamu menggunakan firewall saat ini – jika komputermu menjalankan sistem operasi modern, akan ada satu firewall yang terpasang. Atau mungkin, suite keamanan-mu dilengkapi dengan firewall.
Lantas, apa sih firewall itu,.? Dan bagaimana cara kerjanya,.??
cr : networtworld.com
.

Pengertian Firewall

Sederhananya, firewall merupakan sebuah sistem keamanan jaringan komputer yang berfungsi melindungi komputer dari beragam jenis serangan dari komputer luar. Firewall memonitor dan mengontrol semua lalu lintas jaringan masuk dan keluar yang kamu lakukan berdasarkan aturan keamanan yang telah ditetapkan. Secara umum, firewall komputer adalah program perangkat lunak yang mencegah akses tidak sah ke atau dari jaringan pribadi. Jadi, firewall adalah alat yang dapat digunakan untuk meningkatkan keamanan komputer yang terhubung ke jaringan, seperti LAN atau Internet. Firewall juga akan melangsungkan proses sistem yang memiliki akses ke sumber daya jaringan.
.

Fungsi firewall

Pada dasarnya fungsi firewall dalam jaringan berguna sebagai sistem keamanan, namun dapat diuraikan sebagai berikut :

  • Mengontrol dan mengatur perjalanan lalu lintas paket data yang masuk ke jaringan private semisal VPN
  • Autentikasi terhadap paket data yang dikirim berdasarkan sumber asalnya.
  • Melakukan proteksi terhadap sumber daya yang ada di jaringan privat
  • Membuat catatan history semua peristiwa serta melakukan pelaporan kepada administrator
 .

Manfaat Firewall

Firewall yang merupakan penghalang untuk melindungi Komputer dari bahaya malware berbasis data yang ada di Internet memiliki beberapa manfaat :
  • Melindungi komputer dari akses jarak jauh tidak sah. Salah satu hal terburuk jika seseorang mengambil kendali jarak jauh pada komputermu. (tiba” liat kursor mouse bergerak” sendiri kan jadi serem ya,..). dengan adanya firewall yang terkonfigurasi dengan benar juga penggunaan OS modern, kamu dapat menonaktifkan akses jarak jauh sehingga mencegah para hacker untuk akses ke komputermu.
  • Memblokir pesan yang menautkan ke konten yang tidak diinginkan. Seperti yang sudah dijelaskan di intro, ketika kita masuk ke situs yang “buruk” disitu rentan akan malware yang suatu saat merusak sistem komputermu. Firewall akan mencegah untuk itu.
  • Gaming online lebih aman. Upaya hacker menggunakan malware untuk masuk ke sistem komputermu, mereka akan terblokir. Sehingga akan aman.
.


Cara kerja firewall

Bagaimana cara kerja firewall? Secara sederhana firewall berfungsi sebagai "penghalang" antara komputer dan internet, bisa dikatakan sebagai pelindung. Firewall bekerja bukan hanya sebagai pelindung saja, namun juga mampu menganalisis jaringan yang akan masuk ke komputermu dan melakukan tindakan yang harus dilakukan ketika jaringan telah masuk. Contohnya firewall akan melakukan blokir terhadap beberapa jaringan yang tidak dikenali dan mencatat log aktifitas arus jaringan yang dicurigai.
Firewall menggunakan satu atau lebih dari tiga metode di bawah ini untuk mengontrol lalu lintas yang mengalir masuk dan keluar dari jaringan:

  • Penyaringan paket data. Paket(potongan kecil data) dianalisis terhadap satu set filter. Paket yang lolos melalui filter dikirim ke sistem yang diminta, sementara paket lainnya dibuang.

  • Layanan Proxy. Informasi dari Internet diambil oleh firewall dan kemudian dikirim ke sistem yang diminta dan sebaliknya.
  • Inspeksi stateful. Metode lebih baru yang tidak memeriksa konten setiap paket tetapi membandingkan bagian-bagian kunci tertentu dari paket dengan database informasi tepercaya. Informasi dari dalam firewall ke luar dimonitor untuk menentukan karakteristik spesifik, kemudian informasi yang masuk dibandingkan dengan karakteristik ini. Jika perbandingan menghasilkan kecocokan yang masuk akal, informasi tersebut diizinkan masuk. Kalau tidak, dibuang.
.
Ciaooo,…

You Might Also Like

0 komentar