I CAN’T DO STOP OVERTHINGKING

  • Jumat, Juli 10, 2020
  • By Yahya Muhaimin
  • 0 Comments


Hari-hari terakhir ini kepala saya entah kenapa terasa pusing dari biasanya, terasa berat,.. entah efek dari kebanyakan tidur atau kebanyakan mikir,.. 
cr : Getty Images/iStockphoto
.
Sebuah hal yang “lumrah” namun berbahaya jika dibiarkan begitu saja,. Yaapp,.. Overthinking,.. sebagian dari kita mungkin pernah mengalaminya atau jangan-jangan sedang mengalaminya untuk saat ini,
Overthinking terjadi ketika pikiran kita terus menerus memproses informasi dan menumpuknya didalam memori otak yang suatu saat akan diproses Kembali oleh pikiran kita akibat dari infromasi yang ditumpuk tersebut,.. naahh,. Bingung gk,.? Kalau bingung, gak usah terlalu dipikirin, ntar overthinking,.. wkwk
.
Penjelasan lengkapnya bisa nonton ini aja,.
.

Udah paham,.? Dengan penjelasan video dari channel Satu Persen,.? -salah satu channel edukasi yang mantap- 
Disini saya gak akan Kembali menjelaskan apa itu overthinking, atau opini saya dari perspektif lain,. Melainkan saya hanya ingin mengeluarkan pikiran-pikiran saya yang sudah berhari-hari menumpuk,.. entah kenapa hari-hari terakhir ini saya overthinking,.. -_-
.
Seperti yang sudah dijelaskan di video Satu Persen, Overthinking adalah buah dari pikiran-pikiran kita yang sudah lama menumpuk, itu bisa berasal dari masa lalu atau hal di masa depan yang belum terjadi.
Lantas, dampaknya apa bagi kita,.? Ternyata kalau dibiarkan bukan malah ilang pikiran-pikiran tersebut, justru suatu saat memori otak akan mengembalikan pikiran yang belum bisa terselesaikan tersebut,.. 
Dampak serius yang akan terjadi ketika kita overthinking :
  1. Anxiety
  2. Depression
  3. Insomnia
  4. Paralysis
Penjelasan lengkapnya





Kalau dipikir-pikir kita yang sering banget ngalamin overthinking adalah kita yang belum terbiasa untuk mencurahkan ide yang masih mentah alias lebih memilih untuk menyimpan ide tersebut terlebih dahulu, kita terlalu “malas” -adalah istilah yang mungkin pas- ,..
Saya tipikal orang yang selalu menyimpan emosi apapun ketimbang mengeksprsikannya,.. alasannya sedehana, sebab belum terbiasa,.. padahal kalau dipikir-pikir, mengekspresikan emosi tidak selalu dengan hal yang berkonotasi negatif,. Banyak kok hal yang sangat-sangatlah positif,. Menulis contohnya,.. atau hal yang memiliki dampak manfaat lainnya yang disukai,..
.
Banyak seorang seniman yang menciptakan sebuah karya dari keresahan sehari-hari dimana justru dari keresahan tersebut melahirkan sebuah karya yang bisa dinikmati,.
Musik, Film, Buku, Blog, Content Video, StandUp Comedy, Lukis, illustrasi, mural,. Dan masih banyak hal lain yang bisa dilakukan,.. dan uniknya dari hampir semua yang saya sebutkan diatas-kecuali tiga terakhir-itu basicnya dari tulisan,.
.
 "Jasad boleh mati, namun karyanya akan selalu hidup"
.
Sekarang, saya rasa banyak sekali cara untuk mengatasi overthinking. Cara kerja satu individu dengan yang lainnya berbeda tergantung kondisi personal. Namun, Sebagian dari kita berpikiran “bagaimana cara untuk memulainya,.?” ,.. Nahhh, kan,.. malah jadi nambah pikiran lagi,..
.
Kalau kata Tokopakedi sih,.. “Mulai Aja Dulu”               

You Might Also Like

0 komentar