Review Jurnal SI bidang Kesehatan

  • Selasa, Maret 17, 2020
  • By Yahya Muhaimin
  • 0 Comments


Judul
UJI KELAYAKAN SISTEM INFORMASI UNIT KESEHATAN SEKOLAH BERBASIS WEBSITE DI SMK MUHAMMADIYAH 1 BANTUL DENGAN FAKTOR KUALITAS MCCALL
Jurnal
ELINVO (Electronics, Informatics, and Vocational Education)
Volume dan Halaman
Tahun
2017
Penulis
Daya Prisandi Mandala & Adi Dewanto
Reviewer
Yahya Mukhaemin
Tanggal
17 Maret 2020
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan Sistem Informasi Unit Kesehatan Sekolah Berbasis Website di SMK Muhammadiyah 1 Bantul.
Objek Penelitian
Objek penelitian ini adalah perangkat lunak Sistem Informasi Unit Kesehatan Sekolah Berbasis Website di SMK Muhammadiyah 1 Bantul dengan faktorkualitas McCall.
Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Metode kuantitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivism, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/ statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan (Sugiyono, 2015: 13).
Hasil Penelitian
Data penelitian ini diperoleh dari hasil pengisian seperangkat instrumen berupa angket/kuesioner yang diberikan kepada sejumlah responden untuk menilai hasil kelayakan dari perangkat lunak yang dikembangkan. Sebelum responden melakukan pengisian terhadap instrumen penilaian yang diberikan, masing – masing responden terlebih dahulu melakukan uji coba terhadap Sistem Informasi Unit Kesehatan Sekolah Berbasis Website di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yang telah dikembangkan. Pengujian pertama dilakukan oleh ahli melalui pengujian produk versi alpha dan menguji White-box dan Black-Box, selanjutnya pengujian dilakukan terhadap praktisi/pengguna melalui produk versi beta.
Hasil pengujian White-Box dan BlackBox Testing yang dilakukan oleh ahli diperoleh hasil bahwa semua tombol dan fungsi-fungsi atau proses yang terjadi di aplikasi Sistem Informasi Unit Kesehatan Sekolah Berbasis Website ini semua telah teruji dan berfungsi dengan baik
Kelebihan Penelitian
Kelebihan penelitian ini adalah menggunakan factor kualitas McCall yaitu: Correctness, Reliability, Efficiency, Integrity dan Usability, sehingga aplikasi tersebut dapat dikatakan layak untuk digunakan.
Kekurangan Penelitian
Kekurangan penelitian ini adalah belum adanya Recaptcha dan logout otomatis.

You Might Also Like

0 komentar